Minggu, 02 Desember 2018

Bersama Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam Mendidik Generasi Idaman

45 Pola Pengajaran Rasulullah SAW

Mendambakam lahirnya generasi teladan merupakan cita-cita yang diidam-idamkan oleh banyak kalangan umat Islam, utamanya para orang tua, guru, pendidi. Namun, tidaklah mudah mewujudkan keinginan itu. Terdapat banyak faktor penentu dan penunjang yang harus diperhatikan demi menggapai cita-cita tersebut. Di antara faktor yang paling utama dan menentukan adalah pendidik atau guru. Faktor ini menempati ranking pertama sebelum faktor kurikulum pelajaran, sarana pendidikan, metode pengajaran, dan faktor-faktor lainnya.

Penulis buku ini mengumpulkan sebanyak 45 pola pengajaran yang telah dipraktikkan Rasulullah terhadap murid-muridnya (baca: para Shahabat) dalam sirah beliau. Sungguh, semuanya itu merupakan metode pembelajaran yang amat menyentuh dan mengenaskan. Penasaran? Buku ini, insya Allah, dapat mengobati rasa penasaran Anda.



Deskripsi :

Judul : Bersama Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam Mendidik Generasi Idaman
Penerbit : Pustaka Imam Syafi'i 
Penulis : Dr. Fadhl Ilahi    
Ukuran : 15.5 X 23.5 cm
Halaman : xxix + 409 halaman
Cover : SC
ISBN :


DAFTAR ISI :
  • BAB 1 Memilih Waktu yang Tepat ... 13
  • BAB 2 Memilih Tempat yang Tepat ... 19
  • BAB 3 Menyentuh Semua Lapisan Masyarakat ... 31
  • BAB 4 Memanfaatkan Kesempatan dan Momentum ... 43
  • BAB 5 Menyambut Baik Setiap Orang yang Hendak Belajar ... 51
  • BAB 6 Mendekati Orang yang Diajak Bicara ... 59
  • BAB 7 Menghadap ke Arah Lawan Bicara ... 63
  • BAB 8 Menenangkan Orang yang Hadir Sebelum Berbicara ... 71
  • BAB 9 Menyapa dengan Nama Asli, Nama Panggilan, atau Julukan ... 77
  • BAB 10 Menyentuh secara Fisik ... 89
  • BAB 11 Menepuk Tubuh Murid untuk Membangun Kedekatan Sekaligus Mengingatkan ... 97
  • BAB 12 Menyampaikan Pelajaran dengan Jelas dan Perlahan ... 103
  • BAB 13 Mengulangi Perkataan ... 107
  • BAB 14 Menggunakan Isyarat ... 127
  • BAB 15 Menjelaskan dengan Ilustrasi ... 133
  • BAB 16 Menjelaskan dengan Perumpamaan ... 141
  • BAB 17 Memberikan Contoh Nyata ... 151
  • BAB 18 Memberikan Perbandingan ... 159
  • BAB 19 Menerangkan Secara Global Lalu Memperincinya
  • BAB 20 Metode Bertanya ... 175
  • BAB 21 Mengajukan Pertanyaan Kepada Para Murid ... 183
  • BAB 22 Memilih Istilah yang Lebih Halus dalam Menyebutkan Suatu Perbuatan yang Keji dan Tercela ... 189
  • BAB 23 Tidak Malu Mengajarkan Sesuatu yang Diperlukan ... 199
  • BAB 24 Memberi Kesempatan Untuk Bertanya ... 205
  • BAB 25 Memberikan Pujian Terhadap Pertanyaan yang Bagus ... 213
  • BAB 26 Menjawab dengan Analogi ... 223
  • BAB 27 Menjawab Lebih dari yang Ditanyakan ... 231
  • BAB 28 Tidak Menjawab Pertanyaan yang Tidak Diketahui Jawabannya ... 243
  • BAB 29 Marah Terhadap Pertanyaan yang Berbelit-Belit ... 251
  • BAB 30 Terbuka untuk Dikonfirmasi dan Diajak Berdiskusi ... 261
  • BAB 31 Terbuka untuk Diingatkan ... 271
  • BAB 32 Memberikan Kesempatan kepada Murid Untuk Berbicara ... 277
  • BAB 33 Memberikan Kesempatan kepada Murid untuk Mengulangi Pelajaran di Hadapan Guru ... 285
  • BAB 34 Bersikap Tawadhu ... 287
  • BAB 35 Lemah Lembut dalam memberikan Pengajaran ... 295
  • BAB 36 Marah terhadap Kesalahan yang Tidak Seharusnya Terjadi ... 307
  • BAB 37 Marah kepada Orang Pandai yang Seharusnya Paham ... 311
  • BAB 38 Memprioritaskan Murid-Murid yang Fakir dari Diri Sendiri dan Keluarga ... 317
  • BAB 39 Memahami Keistimewaan Murid ... 327
  • BAB 40 Memperhatikan Kondisi Murid ... 333
  • BAB 41 Memuliakan Shahabat yang Memiliki Keutamaan ... 349
  • BAB 42 Memperhatikan Respons terhadap Ucapan dan Perbuatan ... 361
  • BAB 43 Perhatian Terhadap kehadiran Murid ... 371
  • BAB 44 Selalu Memberikan Kemudahan ... 379
  • BAB 45 Menganjurkan untuk Mempelajari Sesuatu yang Dapat dan Mudah Dilakukan ... 391
  • Khatimah ... 395
  • Daftar Pustaka ... 401

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibadah Sepenuh Hati

Ibadah itu nikmat! Dalam lantunan surat Al-Fatihah, terjadi dialog syahdu antara seorang hamba dengan Rabbnya. Di kegelapan yang hening, ter...