45 Pola Pengajaran Rasulullah SAW
Mendambakam lahirnya generasi teladan merupakan cita-cita yang diidam-idamkan oleh banyak kalangan umat Islam, utamanya para orang tua, guru, pendidi. Namun, tidaklah mudah mewujudkan keinginan itu. Terdapat banyak faktor penentu dan penunjang yang harus diperhatikan demi menggapai cita-cita tersebut. Di antara faktor yang paling utama dan menentukan adalah pendidik atau guru. Faktor ini menempati ranking pertama sebelum faktor kurikulum pelajaran, sarana pendidikan, metode pengajaran, dan faktor-faktor lainnya.
Mendambakam lahirnya generasi teladan merupakan cita-cita yang diidam-idamkan oleh banyak kalangan umat Islam, utamanya para orang tua, guru, pendidi. Namun, tidaklah mudah mewujudkan keinginan itu. Terdapat banyak faktor penentu dan penunjang yang harus diperhatikan demi menggapai cita-cita tersebut. Di antara faktor yang paling utama dan menentukan adalah pendidik atau guru. Faktor ini menempati ranking pertama sebelum faktor kurikulum pelajaran, sarana pendidikan, metode pengajaran, dan faktor-faktor lainnya.
Penulis buku ini
mengumpulkan sebanyak 45 pola pengajaran yang telah dipraktikkan
Rasulullah terhadap murid-muridnya (baca: para Shahabat) dalam sirah
beliau. Sungguh, semuanya itu merupakan metode pembelajaran yang amat
menyentuh dan mengenaskan. Penasaran? Buku ini, insya Allah, dapat
mengobati rasa penasaran Anda.
Deskripsi :
Judul : Bersama Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam Mendidik Generasi Idaman
Penerbit : Pustaka Imam Syafi'i
Penulis : Dr. Fadhl Ilahi
Ukuran : 15.5 X 23.5 cm
Halaman : xxix + 409 halaman
Cover : SC
ISBN :
DAFTAR ISI :
- BAB 1 Memilih Waktu yang Tepat ... 13
- BAB 2 Memilih Tempat yang Tepat ... 19
- BAB 3 Menyentuh Semua Lapisan Masyarakat ... 31
- BAB 4 Memanfaatkan Kesempatan dan Momentum ... 43
- BAB 5 Menyambut Baik Setiap Orang yang Hendak Belajar ... 51
- BAB 6 Mendekati Orang yang Diajak Bicara ... 59
- BAB 7 Menghadap ke Arah Lawan Bicara ... 63
- BAB 8 Menenangkan Orang yang Hadir Sebelum Berbicara ... 71
- BAB 9 Menyapa dengan Nama Asli, Nama Panggilan, atau Julukan ... 77
- BAB 10 Menyentuh secara Fisik ... 89
- BAB 11 Menepuk Tubuh Murid untuk Membangun Kedekatan Sekaligus Mengingatkan ... 97
- BAB 12 Menyampaikan Pelajaran dengan Jelas dan Perlahan ... 103
- BAB 13 Mengulangi Perkataan ... 107
- BAB 14 Menggunakan Isyarat ... 127
- BAB 15 Menjelaskan dengan Ilustrasi ... 133
- BAB 16 Menjelaskan dengan Perumpamaan ... 141
- BAB 17 Memberikan Contoh Nyata ... 151
- BAB 18 Memberikan Perbandingan ... 159
- BAB 19 Menerangkan Secara Global Lalu Memperincinya
- BAB 20 Metode Bertanya ... 175
- BAB 21 Mengajukan Pertanyaan Kepada Para Murid ... 183
- BAB 22 Memilih Istilah yang Lebih Halus dalam Menyebutkan Suatu Perbuatan yang Keji dan Tercela ... 189
- BAB 23 Tidak Malu Mengajarkan Sesuatu yang Diperlukan ... 199
- BAB 24 Memberi Kesempatan Untuk Bertanya ... 205
- BAB 25 Memberikan Pujian Terhadap Pertanyaan yang Bagus ... 213
- BAB 26 Menjawab dengan Analogi ... 223
- BAB 27 Menjawab Lebih dari yang Ditanyakan ... 231
- BAB 28 Tidak Menjawab Pertanyaan yang Tidak Diketahui Jawabannya ... 243
- BAB 29 Marah Terhadap Pertanyaan yang Berbelit-Belit ... 251
- BAB 30 Terbuka untuk Dikonfirmasi dan Diajak Berdiskusi ... 261
- BAB 31 Terbuka untuk Diingatkan ... 271
- BAB 32 Memberikan Kesempatan kepada Murid Untuk Berbicara ... 277
- BAB 33 Memberikan Kesempatan kepada Murid untuk Mengulangi Pelajaran di Hadapan Guru ... 285
- BAB 34 Bersikap Tawadhu ... 287
- BAB 35 Lemah Lembut dalam memberikan Pengajaran ... 295
- BAB 36 Marah terhadap Kesalahan yang Tidak Seharusnya Terjadi ... 307
- BAB 37 Marah kepada Orang Pandai yang Seharusnya Paham ... 311
- BAB 38 Memprioritaskan Murid-Murid yang Fakir dari Diri Sendiri dan Keluarga ... 317
- BAB 39 Memahami Keistimewaan Murid ... 327
- BAB 40 Memperhatikan Kondisi Murid ... 333
- BAB 41 Memuliakan Shahabat yang Memiliki Keutamaan ... 349
- BAB 42 Memperhatikan Respons terhadap Ucapan dan Perbuatan ... 361
- BAB 43 Perhatian Terhadap kehadiran Murid ... 371
- BAB 44 Selalu Memberikan Kemudahan ... 379
- BAB 45 Menganjurkan untuk Mempelajari Sesuatu yang Dapat dan Mudah Dilakukan ... 391
- Khatimah ... 395
- Daftar Pustaka ... 401
Tidak ada komentar:
Posting Komentar